Minggu, 21 September 2014

Seperti Keluar dari Sebuah Gua

Some are dead, some are living, in my life i love you more ~ the beatles

Ceritanya begini, hari ini saya berulang tahun. Yang ke berapa? Tentu masih sangat muda. Kalau menurut KTP, saya baru seperempat abad. Dan saya tidak percaya. Ibu saya pernah bercerita bahwa akta lahir saya salah dan terus saja berulang di ijazah, akhirnya keterusan sampai kuliah, kerja dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan administrasi. Saya tentu saja masa bodoh dengan hal itu, tidak ambil pusing.

Jika mau mencatat ragam kejadian di tahun ini, saya merasa tidak ada yang istimewa. Semua berjalan biasa saja, tidak ada yang meledak-ledak seperti tahun lalu dan sempat membuat saya tampak begitu dungu. Bagi saya, tahun lalu adalah zaman peralihan.

Saya tidak mampu bercerita lebih banyak lagi. Tahun lalu saya sangat tidak produktif. Enam bulan pertama saya seperti berada dalam sebuah gua dan tidak sanggup untuk keluar. Lalu orang-orang mulai datang, mengajak berbincang dan mengajakku untuk berpikir realistis terhadap keadaan. Dan perlahan, saya mulai meninggalkan gua itu lalu berlari keluar sejauh-jauhnya dan mencari banyak hal di luar sana. Ternyata saya memang telah berlari dan terkadang lupa menengok ke belakang. Kepada mereka, saya ucapkan begitu banyak terima kasih--suatu waktu saya akan menuliskannya sendiri di blog ini.

Hal menggembirakan lain adalah, saya bertemu dengan banyak orang dan menambah daftar pertemuan, percakapan dan perdebatan lainnya. Mereka ini memperkaya pandangan hidup saya tentang kebebasan, kreativitas dan arti sebuah realitas. Entah kenapa saya ingat Gus Dur, kata dia, guru utama dalam hidup adalah realitas. Dan saya merasa mendapatkan itu dalam proses saya berlari dari gua yang menumpulkan daya hidupku.

Lalu, apalagi yang ingin saya ceritakan?

Masih banyak sebenarnya. Dan saya kira, hal yang paling penting adalah, menjalani apa yang telah saya apatkan dalam proses berlari ini sebaik-baiknya, sekuat-sekuatnya. Saya yakin sekali masa depan tercipta dari apa yang kita perbuat hari ini.

Ah, saya jadi melankolis kalau mengingat tanggal, apapun itu. Jadi, mungkin saya cukupkan saja di sini. Mungkin, saya akan sering update lagi blog, dan berbicara tentang apapun yang ingin saya utarakan. Itu saja sih.


PS: ada yang berkata padaku begini; seperti jatuh cinta, kita tidak bisa menolak jadi tua. Sialan!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar